Selasa, 18 Mei 2010

Tulisan

Anemia / Kurang darah

Anemia (dalam bahasa Yunani: Tanpa darah) adalah keadaan dimana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada dibawah normal.

Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Penyebab umum dari anemia:

1. Perdarahan hebat Akut (mendadak): Kecelakaan; Pembedahan; Persalinan; Pecah pembuluh darah.

2. Perdarahan hebat Kronik (menahun): Perdarahan hidung ; Wasir (hemoroid); Ulkus peptikum; Kanker atau polip di saluran pencernaan; Tumor ginjal atau kandung kemih; Perdarahan menstruasi yang sangat banyak

3. Berkurangnya pembentukan sel darah merah: Kekurangan zat besi; Kekurangan vitamin B12; Kekurangan asam folat; Kekurangan vitamin C; Penyakit kronik.

4. Meningkatnya penghancuran sel darah merah: Pembesaran limpa; Kerusakan mekanik pada sel darah merah; Reaksi autoimun terhadap sel darah merah; Hemoglobinuria nokturnal paroksismal; Sferositosis herediter; Elliptositosis herediter; Kekurangan G6PD; Penyakit sel sabit; Penyakit hemoglobin C; Penyakit hemoglobin S-C; Penyakit hemoglobin E; Thalasemia

Saran penggunaan propolis diamond (PD)

Minum Propolis Diamond mulai dari 5 tetes 3 kali sehari, dicampur dengan sari kurma. Adapun untuk meminum sari kurma disarankan minum 4 kali sehari.

Anjuran Tambahan

Di usahakan mengkonsumsi, apel, asparagus, pisang, sayuran hijau, katuk, okra, dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. diusahakan juga untuk mengkonsumsi kacang almond, biji jambu mete, coklat, kelapa dan kacang-kacangan.

Pantangan

Tinggalkan konsumsi, alcohol, kopi, permen, es krim, produk dari susu, dan soft drink, jangan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium, dan vitamin E.

Resep alternatif (Bapak S Chander)

1. Kacang mete 10 biji disiram dengan air mendidih sekilas, lalu diblender dengan air ½ gelas diminum sehari sekali selama 10 hari

2. Konsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau gelap

Resep alternatif

Bahan: Madu 3 sendok makan, bubuk kayu manis ½ sendok teh, dan air 1 gelas.

Cara membuat : Campurkan madu dengan bubuk kayu manis, lalu masukkan ke dalam air hangat dan diaduk sampai merata.

Cara memakai: Ramuan ini diminum setiap pagi dan sore hari ketika vitalitas mulai menurun.

Sumber : Rokhim www.propolisdiamond.com

0 Comments:

Post a Comment