Sabtu, 07 November 2009

Analisis Jurnal 3

Analisis Jurnal Erliana Pradita / 3EA01 / 11207422

PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN TERTANGGUNG
PT. ASURANSI JASA INDONESIA

Hotniar Siringoringo1) dan Dona Ekawati2)
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma
Fakultas Teknik Universitas Gunadarma



Masalah dan Latar Belakang

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kepuasan tertanggung dalam pelayanan, pembayaran premi, penggantian klaim, dan resiko sendiri yang harus dibayarkan PT. Asuransi Jasa Indonesia?

Tujuan

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan nasabah dalam hal pelayanan, pembayaran premi, penggantian klaim, dan resiko sendiri yang harus dibayarkan PT. Asuransi Jasa Indonesia.

Hasil

Pelayanan yang diberikan perusahaan sudah cukup memuaskan, namun demikian perbaikan tetap harus dilakukan khususnya terhadap indikator waktu yang mendapatkan respon negatif.
Pernyataan yang berhubungan dengan pembayaran premi menunjukkan sikap positif. Tertanggung merasa diberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran dengan cara angsuran. Besarnya biaya premi yang dikeluarkan oleh tertanggung khususnya untuk jenis asuransi kebakaran sudah sebandimg dengan asset yang ditutupi. Besarnya premi sudah sebanding dengan resiko yang dipertanggungjawabkan oleh pihak asuransi.
Waktu penggantian biaya klaim sudah sesuai dengan janji yang ditawarkan. Tertanggung merasa puas dengan apa yang sudah diterima selama menjadi nasabah di perusahaan jasa ini, baik dari segi pelayanan, yang diberikan, pembayaran premi yang harus dibayarkan, penggantian klaim yang diberikan sesuai dengan janji yang ditawarkan dan penetapan nilai untuk pembayaran resiko sendiri yang harus ditanggung.
Responden menyatakan setuju atas birokrasi pelayanan dan pengklaiman yang berlaku, premi sudah sebanding dengan resiko yang ditutup, cara pembayaran premi yang dipermudah.


Metodologi

Data dan Variabel

Dalam penelitian ini yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Pertanyaan dibuat dalam bentuk pertanyaan tertutup dengan jumlah pernyataan sebanyak 40 butir dengan 5 macam pilihan jawaban yang terdiri dari sangat setuju, setuju, tidak ada pendapat, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Variabel penelitian meliputi pelayanan, premi, klaim, dan resiko sendiri.

Sasaran Penelitian

Sasaran dalam penelitian ini adalah karyawan dan karyawati PT. Krakatau Steel sebagai tertanggung dari PT. Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO).

Batasan Penelitian

Penelitian ini dibatasi hanya untuk asuransi kebakaran di salah satu cabang Asuransi Jasa Indonesia tahun 1997-2002.

Model dan Metode penelitian

Deskripsi sikap konsumen dianalisa menggunakan Skala Likert. Pengolahan data diawali dengan cara penyuntingan (editing), dan pengkodean (coding). Penyuntingan dilakukan untuk pemeriksaan terhadap kesesuaian jawaban tertanggung dengan pertanyaan yang diajukan, kelengkapan pengisian daftar pertanyaan dan ketepatan jawaban tertanggung. Penyusunan dan perhitungan data yang diperoleh dari pengkodean disajikan dalam bentuk tabel, diagram, grafik. Tabulasi dilakukan dengan menggunakan cara manual dan bantuan peralatan komputerisasi. Kelima pilihan jawaban yang disediakan dikodekan menggunakan angka 1 sampai 5. Pilihan jawaban pernyataan positif dimulai dari 1 untuk sangat tidak setuju sampai 5 untuk pilihan sangat setuju. Pengkodean pernyataan negatif dimulai dari 1 untuk pilihan sangat setuju sampai 5 untuk sangat tidak setuju. Teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif. Grafik digunakan untuk memilih jawaban tertentu pada setiap butir pertanyaan.



1 Comment:

  1. Erliana Pradita said...
    Nilai : 80

Post a Comment